Wednesday, July 22, 2015

Waspada ! Dunia sedang Menarik Anak Anda !!

Tahukah para orangtua, dunia dengan segala isinya sedang memikat anak-anak Anda untuk mereka menjadi serupa dengan dunia? Bahkan tanpa disadari banyak dari orang tua yang begitu saja melewatkan hari-hari bersama anak-anaknya tanpa menanamkan nilai-nilai Firman Tuhan dalam hidup mereka, tentunya dengan berbagai alasan dan masalah sebagai orangtua. Mengabaikan waktu terbaik untuk menanamkan nilai Firman Tuhan bagi anak, sesungguhnya orangtua sedang membiarkan anak-anak mereka berhadapan dengan penguasa-penguasa dunia, yaitu roh-roh jahat tanpa perlengkapan apapun.

 “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22:6).

Iblis menunggu waktu yang baik
Strategi iblis untuk merusak anak-anak memang tidak secara terang-terangan, tetapi secara tidak sadar anak-anak dibawa untuk tidak mencintai Tuhannya. Untuk itu, orang tua harus mengetahui sarana efektif yang iblis pakai untuk membawa generasi muda menjauh dari hadirat Tuhan. Anak-anak tidak mau masuk hadirat Tuhan dan lebih memilih untuk berjam-jam menghabiskan waktu menonton film, mendengarkan musik dunia melalui internet, youtube, bahkan game online tanpa diawasi. Ini tragis!

Ketika saya menyampaikan Firman Tuhan di satu Sekolah Dasar Kristen terkenal di BSD, ada sekitar 100 anak yang hadir. Saya bertanya pada anak-anak terebut, apakah mereka sering mendengarkan musik dunia dengan menyebutkan salah satu judulnya “Lazy Song” by Bruno Mars? Dari 100 anak yang hadir 80% mereka menyukai lagu itu, bahkan mereka menggoyangkan badan tanpa saya menyetel lagu tersebut.

Tahukah Anda kalau isi dari lirik lagu tersebut mengandung unsur seksualitas yang sangat jorok dan pemberontakan terhadap orangtua? Malahan lagu itu disimpan dan dinyanyikan oleh anak-anak usia 7-12 tahun berulang-ulang, tanpa mengerti isi dari lagu tersebut. Secara tidak sadar iblis sedang men-download hal-hal yang negatif ke dalam diri anak-anak. Dengan mereka menyimpan dan mendengarkan musik dunia (yang tidak sesuai dengan prinsip FT), serta meniru si penyanyi, sesungguhnya mereka sedang diarahkan untuk menjadi serupa dengan dunia! Waspadalah! Generasi muda sedang ada dalam serangan si jahat.


Ini waktunya orang tua bangkit!
Tuhan telah mempercayakan anak-anak kepada orangtua, tentunya dengan maksud dan tujuan yang Tuhan telah tetapkan bagi anak-anak mereka. Tugas orangtua adalah membawa anak-anak bukan sekadar mengenal Tuhan, tetapi juga mengalami Tuhan. Firman Tuhan tegaskan di dalam Ulangan 6:5-7,”Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”
Faktor penting untuk membawa anak mengalami Tuhan Yesus, yakni :

#1. Orangtua yang mengalami Tuhan

Teladan bagi anak-anak adalah orangtua mereka. Orangtua  yang mengalami Tuhan akan sangat powerfull untuk membawa anaknya juga mengalami Tuhan. Orangtua adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab dalam mendidik anak-anak mereka untuk hidup takut akan Tuhan. Diharapkan orangtua juga mau belajar untuk memperlengkapi diri agar memiliki pengetahuan yang alkitabiah dalam mendidik anak-anak mereka (Anda bisa bergabung di“ParentsClub”).

#2. “Adding Value”  bagi anak Anda

Orangtua juga harus bisa memberi dan mengarahkan anak-anak mereka agar mendapatkan Adding Value yang positif sekaligus mengarahkan anak-anak mencapai destiny yang Tuhan tetapkan. Sekolah Minggu Petrakids dan KidsClub adalah salah satu wadah yang tepat untuk menambah nilai positif bagi anak-anak Anda. Mereka akan dibimbing untuk mengenal siapa Allah dan melayani Allah. Sayangnya, masih banyak orangtua yang tidak menyadari pentingnya sekolah Minggu ini bagi buah hati mereka. Ingat, anak-anak pun memerlukan makanan rohani bagi hidup mereka, sama seperti Anda memerlukan makanan rohani.


Tidak ada kata terlambat untuk membawa anak-anak Anda kepada Tuhan! Mulailah dari  Anda sebagai orangtua, lalu bawa anak Anda juga hari ini kepada Tuhan. Lukas 18:16 menuliskan,”Tetapi Yesus memanggil mereka dan berkata: "Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.”

(DS)

No comments:

Post a Comment